Imalah merupakan salah satu bacaan gharib dalam alquran. Adapun bacaan ghorib dalam alquran al karim selain imalah yaitu Ismam, Saktah, Tas-hil, Naql
Pengertian Imalah
Secara bahasa, Imalah ( الْإِمَالَةُ ) mempunyai arti condong atau miring. berasal dari wazan lafadz ﺃَﻣَﺎﻝَ yaitu ﺃَﻣَﺎﻝَ – ﻳَﻤِﻴْﻞُ
Secara istilah, mencondongkan bacaan harakat fathah pada harakat kasrah sekitar dua pertiganya.
Didalam mushaf utsmani yang mayoritas dipergunakan umat Islam di Nusantara, ayat atau bacaan imalah ini diberi tanda tulisan yang kecil diatas lafadz. Tulisan tersebut yaitu “إِمَالَةٌ” atau tanda wajik berongga maupun tertutup.
Macam Bacaan Imalah
Bacaan imalah memiliki 2 macam bacaan. Adapun macamnya adalah :
- Imalah sughra
- Imalah kubra
Imalah sughra
Imalah Sughra adalah bacaan imalah dimaksud masih diwashal pada kalimat atau lafal yang lain, dengan begitu bacaan tidak berhenti pada lafadz dimaksud.
Pendapat dari imam Hafash, bacaan imalah hanya di Qur’an surat Huud ayat 41. Dengan begitu beliau berpendapat bahwa hanya ada 1 imalah dalam alquran.
Imalah Kubra
Imalah Kubra yaitu sesudah bacaan imalah dimaksud kemudian diwakafkan sehingga berhenti disitu saja. Kriteria imalah kubra adalah semua lafadh dalam al-Qur’an yang akhirannya terdapat Alif Maqsurah (alif bengkong). Ini merupakan pendapat dari Imam Warasy
dicontohkan misalnya pada lafadh:
اَحْوٰى Dibaca Ahwe, وَاتَّقٰى Dibaca Wattaqe
اِسْتَغْنٰى Dibaca Istaghne, فَتَرْضٰى Dibaca Fatardhe
pengecualian yaitu khusus bagi nama manusia yang akhirannya alif maqsurah, tetap dibaca seperti biasa, Misalnya:
عِيْسٰى , مُوْسٰى , يَحْيٰى , مُصْطَفٰى
Cara Membaca Imalah
Imalah dibaca huruf e seperti pengucapan ekonomi. Misalnya
مَجْر۪ىٰهَا dibaca majreehaa
اَحْوٰى Dibaca Ahwe,
وَاتَّقٰى Dibaca Wattaqe
اِسْتَغْنٰى Dibaca Istaghne,
فَتَرْضٰى Dibaca Fatardhe
Letak tanda imalah dan isyam
Secara umum, dalam mushaf usmani, tanda imalah (إماله ) dalam alquran yaitu pada
• Surah Hud ayat 41 pada perkataan مَجْر۪ىٰهَا
adapun bacaan imalah biasa diberi tanda wajik berongga ataupun huruf hamzah dibawah huruf yang dibaca imalah.
Sebab-sebab di-Imalahkannya lafadz
Sebab lafadz “مَجْر۪ىٰهَا” dibaca ilamah diantaranya sebagai pembeda antara lafadz “مَجْر۪ىٰهَا” yang artinya berjalan di darat dengan lafadz “مَجْر۪ىٰهَا” yang artinya berjalan di laut. Dalam salah satu kamus bahasa arab terdapat keterangan tentang lafadz “ مَجْر۪ىٰهَا ” berasal dari lafadz “ ﺟَﺮٰﻯ ” yang mempunyai arti berjalan atau mengalir.
lafadz tersebut dapat dipergunakan dalam arti berjalan di atas daratan maupun berjalan di atas lautan (air), akan tetapi kecenderungan perjalanan di permukaan laut (air) tidak stabil seperti halnya di daratan. Terkadang diterjang ombak kecil dan besar atau terhempas angin, sehingga sangat tepat apabila lafadz “ مَجْر۪ىٰهَا ” tersebut di- Imalahkan.
source :
Www. Pontren.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Tanda_imalah_dan_tanda_isymam
http://tajwid.web.id/bacaan-imalah-isymam-saktah-naql-dan-tashil/
https://wakidyusuf.wordpress.com/2017/03/24/ilmu-tajwid-9-imalah-ismam-saktah-tas-hil-naql-badal-dan-shilah/
http://www.jadipintar.com/2015/01/pengertian-tentang-saktah-tashil-isymam-naql-dan-imalah-dalam-bacaan-al-quran.html
Bermain dengan Anak
Bermain di dapur membuat resep masakan dari kentang.
Kentang sekilo jadi 2 resep. Yaitu kue lumpur kentang dan kentang keju krispi.
Tugas bermain ada yang ngupas kentang, menghaluskan dan mikser telur tambah gula untuk lumpur kentang, adek malah senengnya nguntuti gula pasir.
Setelah adonan kue lumpur selesai, dipanggang makan bareng-bareng.
Untuk kentang keju krispi malam harinya baru digoreng. Untuk ngemil di tenda karena anak-anak mau lihat meteor malam ini.
#hari29
#tantangan30hari
#kelaskepompong
#bundacekatan
#institutibuprofesional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar